Autentikasi Digital Asabri Diresmikan, Erick Thohir: “TNI Polri Fondasi yang Sangat Penting!”

Digital Asabri

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Autentikasi Digital Asabri resmi diluncurkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam moment HUT PT Asabri (Persero) ke-51.

Peresmian Autentikasi Digital Asabri ini juga disaksikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata, serta jajaran direksi PT Asabri.

Hadirnya layanan autentikasi digital Asabri ini akan mempermudah para peserta aktif dan pensiun TNI, Polri maupun ASN dalam mengakses layanan asuransi.

Erick Thohir menyatakan pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan reformasi di seluruh perusahan pelat merah.

Termasuk di PT Asabri yang diminta untuk memberikan kepastian masa depan kepada seluruh pensiunan prajurit TNI, Polri dan ASN.

Di usianya yang sudah 51 tahun, Erick mengibaratkan PT Asabri sebagai manusia yang sudah di level senior dalam keahlian mengelola dana pensiun dan menjamin kesejahteraan anggotanya.

Maka jajaran PT Asabri harus bisa mengemban tugas dengan baik, dan jangan ada yang bermain-main dengan hak anggotanya.

“Jaminan keselamatan dan penghidupan para pensiunan tergantung dari kinerja Asabri hari ini. Maka perbaikan tata kelola, penguatan fungsi manajemen risiko, serta kontrol yang kuat harus selalu dilakukan secara profesional dan berkelanjutan,” Erick Thohir saat menghadiri HUT Asabri di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Ia pun menegaskan, jangan sampai PT Asabri mengulangi kesalahan yang merugikan merugikan masyarakat, khususnya TNI, Polri, Kemenhan, dan seluruh anggotanya.

Erick menyebut seluruh direksi dan komisaris sudah bekerja keras melakukan upaya terbaik dalam memperbaiki kondisi Asabri.

Menurutnya, Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan dan Kejaksaan Agung sudah sepakat untuk menuntaskan kasus yang pernah terjadi di Asabri, karena TNI dan Polri merupakan fondasi bangsa yang sangat penting.

“Untuk itu kami meminta Asabri harus tetap konsisten menjaga kepercayaan anggota dengan menerapkan nilai-nilai AKHLAK. Perlu dicatat, peningkatan layanan bukan hanya terlihat dari infrastruktur tapi adanya perbaikan kesejahteraan terhadap seluruh anggota sebagai hasil dari tranformasi yang dijalankan,” tandasnya.

KOMITMEN ASABRI

Sementara Direktur Utama PT Asabri (Persero) Wahyu Suparyono berharap seluruh jajarannya bisa memberikan kinerja terbaik untuk mewujudkan perusahaan asuransi sosial yang professional.

Ia menyatakan, insan Asabri harus tetap memegang teguh core value dan tata kelola perusahaan yang baik dan memberikan pelayanan yang prima.

Terkait program penyehatan keuangan Asabri, Wahyu menyatakan sudah dilakukan sejak awal Januari 2020, dan saat ini kinerja perusahaan terus membaik dan menunjukkan hasil yang menggembirakan.

“Kami mengalami peningkatan nilai aset, perbaikan permodalan dan solvabilitas. Ke depan upaya perbaikan keuangan akan terus kami upayakan dan dilaporkan secara periodik kepada Kementerian BUMN dan Kementerian Pertahanan,” ujarnya.

Terkait layanan autentikasi digital Asabri, dijelaskan bahwa ini merupakan sistem pendataan penerima pensiun yang masih berhak mendapatkan jaminan hari tua.

Jika sebelumnya proses autentikasi masih dilakukan secara manual melalui mitra bayar, maka dengan hadirnya autentikasi digital Asabri bisa dilakukan oleh penerima pensiun secara digital.

Penggunaan autentikasi digital Asabri bisa diakses melalui smartphone, sehingga tidak perlu lagi hadir secara fisik untuk melakukan autentikasi ke mitra bayar. []