Beasiswa BUMN Siapa Mau? Simak Jadwal dan Persyaratannya!

Beasiswa BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Beasiswa BUMN untuk tahun 2022 kembali digulirkan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN.

Beasiswa BUMN ini berasal dari 8 perguruan tinggi berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk para lulusan SMA/SMK di seluruh daerah di Indonesia.

Total beasiswa BUMN tahun ini mencapai Rp666 juta yang disiapkan kepada seluruh peserta yang dinyatakan lolos seleksi.

Adapun kedelapan perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN adalah Telkom University, Universitas Pertamina, STIMLOG dan Poltekpos.

Kemudian, Institut Teknologi PLN (IT PLN), dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), ITT Surabaya, ITT Purwokerto, ITT Jakarta.

Ketua APERTI BUMN, Prof Adiwijaya mengatakan beasiswa BUMN diberikan kepada lulusan SMA/SMK tahun 2021 dan 2022 untuk jenjang S1/Diploma pada salah satu perguruan tinggi yang tergabung di APERTI BUMN.

“Para peserta yang lolos akan mendapatkan beasiswa penuh 100 persen selama masa studi,” ujar Prof Adiwijaya dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Telkom University, menyampaikan bahwa para siswa yang berminat bisa menentukan pilihannya pada salah satu dari 8 perguruan tinggi.

Adapun kuota yang terpilih sebagai penerima beasiswa ini cukup terbatas, yaitu hanya untuk 40 mahasiswa yang lolos seleksi.

Untuk proses pendaftarannya, Prof Adiwijaya mengatakan sudah dibuka sejak 11 Juni lalu hingga 25 Juni yang dimulai dari seleksi akademik dan wawancara secara online.

PERSYARATAN BEASISWA BUMN

Sementara untuk persyaratan pendaftar program beasiswa BUMN tahun ini yaitu melampirkan nilai rapor semester 1 sampai 5 dan sertifikat jika ada.

Kemudian berkas pendaftaran diunggah di website perguruan tinggi yang dipilih, dan peserta memilih satu tujuan kampus saja.

“Seleksi Administratif pada 5 Juli dan pengumuman Seleksi Administratif 11 sampai 13 Juli, seleksi wawancara mulai 14 sampai 20 Juli, dan hasil akhir peserta yang lolos akan diumumkan pada 25 Juli 2022,” jelasnya.

Untuk diketahui setiap Perguruan Tinggi BUMN ini punya kelebihan yang sama, yaitu kedekatannya dengan industri sehingga para lulusan memiliki kemampuan dan siap terjun di dunia kerja.

Selain itu sudah tercipta efisiensi dari sisi operasional pelaksanaan pendidikan, penyetaraan mata kuliah, pertukaran dosen, serta pemanfaatan fasilitas yang lengkap.

Dengan hadirnya beasiswa APERTI BUMN juga diharapkan dapat meningkatkan kontribusi perusahaan pelat merah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Sehingga masyarakat yang tidak mampu juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah dengan bantuan CSR BUMN. []