Direksi Holding Pangan 2022! Ini Wajah-wajah Pilihan Erick Thohir

Direksi Holding Pangan

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Direksi Holding Pangan resmi mengalami perombakan oleh Kementerian BUMN pada Senin, 21 Maret 2022.

Jajaran direksi Holding Pangan ini dirombak melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang dilaksanakan secara daring.

Ada dua direktur yang dipercaya untuk menempati posisi baru di Holding bernama ID FOOD ini, yaitu Frans Marganda Tambunan dan Ardiansyah Chaniago.

Kementerian BUMN menetapkan Frans Marganda Tambunan sebagai Direktur Utama PT RNI, sementara Ardiansyah menjadi Direktur Komersial.

Atas kepercayaan ini, Frans Marganda berjanji akan melanjutkan visi misi Holding Pangan dan berupaya mengoptimalkan Ekosistem pangan berkelanjutan.

Ia menyatakan siap menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar tujuan dibentuknya Holding BUMN Pangan bisa terwujud.

“Tentunya saya berterimakasih kepada Kementerian BUMN selaku pemegang saham PT RNI, juga Kepala Badan Pangan Nasional. Semoga amanah yang diberikan ini dapat saya manfaatkan untuk memajukan industri pangan di Indonesia,” ujarnya.

Adapun sebelumnya Frans menjabat sebagai sebagai Direktur Komersial di PT RNI dan kini naik jabatan sebagai Dirut melalui Keputusan Menteri BUMN, Erick Thohir dengan Nomor SK-83/MBU/03/2022.

Diketahui, Frans adalah lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan merupakan pejabat BUMN yang memiliki banyak pengalaman di industri supply chain pangan.

Tak hanya di BUMN, Frans juga penah mengisi berbagai posisi penting di swasta, seperti di Lotte dan Hero Supermarket hingga akhirnya menjadi pimpinan di jajaran Direksi Holding Pangan.

Sementara Dirut Holding Pangan yang lama yakni Arief Prasetyo Adi juga dipromosikan sebagai Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) yang baru dibentuk Presiden Joko Widodo.

Penetapan atau pengalihtugasan di jajaran direksi Holding Pangan ini turut disaksikan sejumlah pejabat, di antaranya Asdep Industri Pangan dan Pupuk Kemen BUMN, Asdep Bidang Hukum Korporasi, Asdep Manajemen SDM, dan jajaran Komisaris PT RNI.

DENGAN PEROMBAKAN INI, MAKA SUSUNAN DIREKSI HOLDING PANGAN ADALAH BERIKUT:

1. Frans Marganda Tambunan, Direktur Utama

2. Ardiansyah Chaniago, Direktur Komersial

3. Endang Suraningsih, Direktur SDM

4. Febriyanto, Direktur Pengembangan Usaha

5. Thomas Hadinata, Direktur Keuangan

6. Adhi Cahyono Nugroho, Direktur Supply Chain dan TI

Zuryati Simbolon selaku Asdep Industri Pangan dan Pupuk Kemen BUMN menyampaikan selamat bertugas kepada para pejabat baru.

Ia berharap dari hasil RUPS ini, jajaran Direksi PT RNI yang sudah ditunjuk akan memberikan kinerja terbaik serta kontribusi positif dalam memajukan industri pangan di tanah air.

Arief Prasetyo Adi yang juga sudah selesai masa jabatannya dari PT RNI berharap dirut dan direktur komersial yang baru siap menghadapi tantangan ke depan dengan melakukan restrukturisasi dan transformasi pangan.

“Seperti harapan Pak Presiden Jokowi, BUMN Pangan bisa terus kolaborasi dalam memajukan industri pangan yang akan berdampak pada pencapaian swasembada paangan di Indonesia,” tutupnya. []