Forum Komunikasi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Kabupaten Karo Adakan Fgd Bahas Upaya Pencegahan Lakalantas

jasa raharja sumut

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Kabanjahe – PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara melalui PT Jasa Raharja Perwakilan Kabanjahe melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wilayah Kabupaten Karo pada Selasa (31/10), bertempat di ruang rapat Kantor Bappedalitbang Kabupaten Karo Karo.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Bidang Bappeda Litbang Kabupaten Karo, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Kabanjahe Bambang S. Kristiantoro dan jajaran, Kanitlaka mewakili Polres Tanah Karo, Kepala Dinas Perhubungan dan jajaran, Dinas PUPR, dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Karo.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Kabanjahe Bambang S. Kristiantoro menyampaikan bahwa kegiatan rutin ini setiap bulan diadakan sebagai upaya berkesinambungan lintas instansi yang tergabung dalam 5 (lima) Pilar Keselamatan dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan. Keselamatan dan kelancaran berlalu lintas di wilayah Kabupaten Karo diharapkan dapat meningkat. Kabupaten Karo termasuk jalur yang padat lalu lintas karena sebagai penghubung ke beberapa Kabupaten seperti Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbahas, Simalungun dan Aceh Tenggara serta Aceh Selatan.

“Kami dari Dinas Perhubungan bersama-sama dengan Satlantas Polres Tanah Karo rutin melakukan pengaturan lalu lintas di daerah rawan kemacetan seperti di pasar dan sekolah-sekolah. Kami juga mendukung penegakan disiplin di lapangan khususnya kepada para pengendara yang melanggar rambu, tidak menggunakan helm, melawan arus, knalpot blong dan kendaraan yang tidak menggunakan TNKB/STNK. Setiap akhir pekan dan hari libur kami juga ikut piket mengingat Kabupaten Karo sebagai destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.”, ujar F Peranginangin yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo.

“Salah satu indikator peningkatan keselamatan adalah menurunnya frekuensi dan fatalitas korban lakalantas. Upaya bersama dalam program pencegahan kecelakaan lalu lintas menjadi sangat penting. Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wilayah Kabupaten Karo bersepakat akan melakukan tindak lanjut dengan memetakan daerah atau jalan yang rawan terjadi laka lantas dan pelanggaran lalu lintas, memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing demi terwujudnya keselamatan berlalu lintas di wilayah Kabupaten Karo. Kami juga secara rutin mengadakan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ke para pelajar di sekolah dan mengajak para guru sekolah untuk bersama-sama mengkampanyekan pesan-pesan keselamatan berlalu lintas”, tutup Bambang. []