Gerak Cepat Jasa Raharja Tangani Laka Lantas di Purbalingga Jawa Tengah

Jasa Raharja Jawa Tengah

REVIEWBUMN.COM, Jakarta – Kecelakaan kembali terjadi di Jalan Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga pada Hari Kamis, 3 Maret 2022 sekitar pukul 04.00 WIB yang melibatkan kendaraan bus pariwisata PO Kalingga Jaya dengan nomor polisi B-7084-KAA.

Mendengar kejadian tersebut, Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Purbalingga Ahmad Imran Rasidi bersama Petugas Jasa Raharja Samsat Keliling Purbalingga Mohamad Nur Rizal bergerak cepat mendatangi Rumah Sakit untuk mendata korban.

Kejadian tersebut mengakibatkan 1 (satu) orang meninggal dunia dan 23 orang mengalami luka-luka. Korban meninggal dunia merupakan kondektur bus tersebut, yaitu Alm. Luqman Hakim (20 tahun) yang beralamat di Desa Gendosari RT.2/RW.1, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah Jahja Joel Lami melalui Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Purwokerto R Harry Prabowo mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada Pihak Keluarga dan mengatakan bahwa Santunan korban meninggal dunia akan diserahkan oleh Jasa Raharja Perwakilan Pati.

Santunan bagi korban meninggal dunia bila ada ahliwaris sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 16/PMK.010/2017 sebesar Rp. 50.000.000,- sedangkan bagi yang tidak ada ahliwaris akan diberikan biaya penguburan sebesar Rp. 4.000.000,-. Hal ini sebagai wujud Negara Hadir bagi Korban Kecelakaan lalu lintas Jalan maupun Kecelakaan Angkutan Umum dan Jasa Raharja terus berupaya Proaktif dalam penyelesaian santunan Jasa Raharja kepada setiap korban yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas dengan cepat dan tepat”, ujar Harry lewat keterangannya pada Kamis(03/03/2022).

Untuk korban luka-luka, Jasa Raharja telah bekerja sama dengan pihak RSUD dr. R Goeteng Taroenadibarata Purbalingga dan RS PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga dimana korban dirawat, guna memberikan surat jaminan biaya perawatan kepada rumah sakit dengan biaya perawatan maksimum Rp.20.000.000,- serta menyediakan manfaat tambahan bantuan biaya P3K maksimum Rp.1.000.000,- dan bantuan biaya ambulance maksimum sebesar Rp.500.000,- terhadap masing-masing korban luka-luka.

Adapun identitas para korban luka-luka adalah sebagai berikut:
1. Ali Farchan
2. Sukarti
3. Dhafita
4. Musarofah
5. Nafiah
6. Slamet Prihatin
7. Bagus Maulana
8. Nela Abdi Umam
9. Tusmiati Nabila
10. Nia Wahyu Ramadani
11. Siti Masrukah
12. F Nihayah
13. Muh Ali Jafar
14. Nur Rohim
15. Zaenal Mustofa
16. Naila Rahma
17. Muhammad lintang
18. Hanif Riza Khalili
19. Khamidun
20. Rifka Vivilia Rahmawati
21. Nurishah
22. Akmal alfarek Ahya
23. Ali
24. Bambang

Adapun kronologi kejadiaanya, semula bus PO. Kalingga Jaya nomor polisi B-7084-KAA melaju dari arah utara (Pemalang) ke selatan (Purbalingga) dengan kecepatan sedang, sesampainya di TKP dengan kondisi jalan menurun dan berbelok ke kanan, kendaraan bus menabrak dinding tebing sebelah kiri. []