Jasa Raharja Bali Resmikan Bantuan TJSL Bar, Kitchen dan Gapura kepada Desa Wisata Pinge Asri Bersama Deputi Bidang Sumber Daya Manusia , Teknologi dan Informasi kementerian BUMN

jasa raharja bali

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Tabanan – Deputi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama-sama dengan Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja berkumpul di Desa Wisata Pinge Asri untuk meresmikan penataan Centre Point pada wisata alam di Desa Wisata Pinge Asri. Acara peresmian ini dilaksanakan pada Tanggal 27 Januari 2024 yang dimana terdiri dari dua sub pekerjaan utama, yaitu pembangunan Kitchen Bar dan Gapura Berlogo Jasa Raharja yang telah rampung dikerjakan sejak bulan September 2023 lalu.

Peresmian Kitchen, Bar dan Gapura ini bukan hanya tentang Pembangunan fisik, melainkan juga tentang Pemberdayaan Ekonomi Salah satunya yaitu menciptakan peluang bagi pelaku usaha lokal dengan menyajikan hidangan khas bali dan tentunya memberikan fasilitas yang lebih baik bagi para pengunjung. Selain itu juga Pengembangan Pariwisata dimana Desa wisata Pinge kini memiliki fasilitas yang lebih lengkap, memberikan pengalaman yang lebih memikat dan memanjakan tamu. Ini bukan hanya destinasi tetapi tempat yang sarat dengan kehangatan dan keramahan serta Pemberdayaan Budaya Lokal dimana Gapura yang indah ini bukan hanya sebagai pintu gerbang fisik, melainkan juga simbol kekuatan dan keberlanjutan budaya lokal. Ini adalah peringatan bahwa kita harus terus melestarikan budaya lokal.

Dalam acara peresmian ini, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi kementerian BUMN Bapak Tedi Bharata, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Bapak Munadi Herlambang, Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja Bapak Rubi Handojo beserta Kepala Cabang Jasa Raharja Cabang Bali Bapak Abubakar Aljufri bersama-sama menyampaikan bahwa PT. Jasa Raharja sesuai dengan arahan Kementerian BUMN dalam Urusan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan berupaya memperkuat programprogram yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Pengembangan Desa Wisata adalah bentuk dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Empat (TPB 8) yaitu Pemberdayaan dan Pertumbuhan Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Pengembangan desa wisata Pinge yang memiliki luas wilayah 145 Ha dan jumlah penduduk 818 Jiwa, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Masyarakat desa, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Selain itu pengembangan desa wisata juga dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Dengan kontribusi dari Jasa Raharja melalui bantuan sarana serta bantuan pemasaran, diharapkan dapat menjadikan Desa Pinge lebih memiliki Daya Tarik dengan memanfaatkan keunikan yang dimiliki Desa serta atraksi wisata disesuaikan dengan International best practices.

Kitchen Bar yang akan dibangun di Centre Point akan menjadi pusat kuliner yang menawarkan berbagai hidangan khas dari desa wisata pinge. Ini akan menjadi tempat yang sempurna bagi pengunjung untuk menikmati kuliner khas desa sambil merasakan keindahan alam Desa Wisata Pinge Asri. Sementara itu, Gapura yang dibubuhi dengan identitas Jasa Raharja akan menjadi simbol kerjasama yang erat antara Jasa Raharja, pemerintah daerah, dan masyarakat Desa Wisata Pinge Asri. Gapura ini akan menjadi pintu gerbang yang mengundang seluruh wisatawan untuk mengunjungi dan menghargai kekayaan budaya dan alam yang dimiliki daerah ini.

Acara persemian ini juga dihadiri oleh Camat Marga Bapak I Gede Nengah Sugiarta , Perbekel Desa Baru Bapak I Made Suarjana, Bendesa Adat Pinge Bapak I Made Jadrayasa, Pengelola Desa Wisata Pinge, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat. Semua pihak berharap bahwa dengan adanya kontribusi PT Jasa Raharja melalui peresmian kitchen, bar dan gapura ini diharapkan dapat menjadikan Desa Wisata Pinge lebih memiliki daya tarik dengan memanfaatkan keunikan yang dimiliki desa. Desa Wisata Pinge memiliki potensi yang besar untuk di jadikan salah satu destinasi wisata unggulan di Bali karena desa ini memiliki keindahan alam yang masih asri, budaya yang masih terjaga dan juga Masyarakat yang ramah serta berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menjadikan Desa Wisata Pinge Asri sebagai destinasi wisata yang unggul kedepannya. []