Jasa Raharja Berikan Bantuan Adopsi Tanaman Di Taman Wisata Alam Bukit Bangkirai

PT Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur sebagai salah satu perusahaan BUMN melaksanakan Penyaluran TJSL Pilar Lingkungan dengan kegiatan bantuan Program Adopsi Tanaman di Taman Wisata Alam Bukit Bangkirai Kec. Samboja Kab. Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Taman Wisata Alam Bukit Bangkirai yang dikelola oleh PT. Inhutani 1 (Persero) meyambut baik kegiatan tersebut dan turut serta mendukung kegiatan Adopsi tanaman sebanyak 20 Bibit Ulin, Bibit Durian, dll di Bukit Bangkirai.

Dalam kesempatan ini penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur, Nasjwin kepada Kepala Unit Pusdiklat Bukit Bangkirai, Amik Susilo.

Banyak cara dapat dilakukan sebagai bukti berperan aktif melestarikan hutan, tanpa harus intens mendatangi kawasan hutan. Salah satunya dengan pola adopsi tanaman atau adopsi pohon, gerakan adopsi yang difasilitasi oleh pengelola Bukit Bangkirai hingga sekarang dan rimbunnya hutan alam Bukit Bangkirai tentunya menjadi bentuk salah satu keindahan alam borneo. Di balik pesonanya, ternyata kawasan tersebut juga menyimpan potensi yang luar biasa, seperti pelestarian tanaman dan pohon serta kawasan konsesi PT Inhutani I ini merupakan kawasan hutan sekaligus destinasi ekowisata yang vegetasi utama di sini adalah jenis pohon bangkirai atau Shorea Laevis. Itulah alasan hutan ini dinamai Bukit Bangkirai.

Salah satu spot yang sangat menarik perhatian di Bukit Bangkirai yakni Canopy Bridge (jembatan kanopi), yaitu jembatan yang menghubungkan puncak pohon dengan puncak pohon yang lain. Jembatan kanopi ini berada di ketinggian 25-30 meter di atas permukaan tanah dan panjangnya 64 meter. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan dari ketinggian jembatan kanopi dengan tutupan hutan lebat yang dilindungi termasuk kawasan Bukit Bangkirai dengan luas hutan alam sebesar 510 hektare.

Ribuan jenis pohon tumbuh di kawasan ini, antara lain Ulin, Bangkirai, Meranti, Jengkol Hutan, Gaharu, Agathis, dan berbagai jenis tumbuhan hutan lainnya. Ada pula berbagai tumbuhan obat. Bahkan Tamrin merinci, ada sekitar 2.800 jenis flora dan fauna, 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, 24 jenis anggrek dan 113 jenis burung, serta jenis mamalia dan serangga lainnya.

Kontribusi PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur ini sangat tepat sebagai wujud TJSL yang diharapkan program Adopsi tanaman atau adopsi pohon mendapat perhatian masyarakat ikut andil dalam pelestarian lingkungan dan berkontribusi dalam melestarikan hutan alam serta flora fauna di wilayah kawasan Bukit Bangkirai sehingga menginspirasi banyak pihak untuk turut peduli pada kelestarian hutan alam di Kalimantan Timur. []