Jasa Raharja bersama Kepolisian Edukasi Pelajar Tertib Lalu Lintas di SMAN 2 Painan

jasa raharja sumbar

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – PAINAN – Jasa Raharja bersama Satlantas Polres Pesisir Selatan adakan kegiatan safety riding dan kampenye keselamatn lalu lintas kepada Siswa dan Siswi SMA Negeri 2 Painan pada Senin (16/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Kanit Kamsel, Kanit Regident, Jasa Raharja, dan di ikuti oleh Kepala Sekolah, majelis guru dan seluruh Siswa Siswi di lingkungan SMA N 2 Painan.

Sosialisasi disampaikan kepada pelajar untuk senantiasa peduli terhadap keselamatan dan tertib berlalu lintas, serta patuh akan rambu-rambu dijalan raya, dan menjadi pelopor tertib berlalu lintas di lingkungannya. Dari kepolisian menjelaskan mengenai peraturan lalu lintas dalam berkendara di jalan yang di atur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009.

“Syarat bagi penggendara kendaraan bermotor baik itu motor maupun mobil minimal 17 tahun dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)” jelas Kanit Kamsel Satlantas Polres Pessel, Iptu Edy Akmal. Menurutnya, dengan adanya sosialisasi tertib berlalu lintas itu, mengharapkan para pelajar termotivasi menjadi pelopor dalam tertib berlalu lintas.

Fadhil Iqbal Penanggung Jawab Jasa Raharja Painan menjelaskan terkait tugas dan fungsi Jasa Raharja. Selain itu juga memberikan himbauan untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) setiap tahunnya di kantor bersama Samsat.

“Jasa Raharja memberikan perlindungan kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan yang dimana sumber dana tersebut dari pembayaran SWDKLLJ yang dibayarkan bersamaan dengan pembayaran PKB di kantor bersama Samsat”

Semoga dengan adanya edukasi ini dapat menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan di Sumatera Barat. Dimana pada saat ini sekitar 32% korban kecelakaan di dominasi oleh pelajar dan mahasiswa, jelas Fadhil. []