Jasa Raharja Jawa Barat Mendukung Program Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2022

Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat Dodi Apriansyah, melakukan kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka mendukung Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Dalam pertemuan yang sangat harmonis tersebut di hadiri oleh Kombes Pol Romin Thaib, S.IK, M,Si selaku Dirlantas Polda Jawa Barat dan DR. Dedi Taufik selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah Propinsi Jawa Barat.

Dalam penjelasaan DR. Dedi mengatakan bahwa program ini menjadi salah satu cara meringankan beban kepada para pemilik kendaraan bermotor yang secara kebetulan sudah mati pajaknya bertahun-tahun, jadi para pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pajak beberapa tahun tidak perlu bingung karena ada kesempatan penghapusan sanksi adminitrasi sampai 100 persen dan pembebasan BBNKB. Dan pada program pemutihan tahun ini bukan hanya kepada wajib pajak yang menunnggak saja dapat kemudahan tetapi ada stimulus bagi wajib pajak yang akan melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang jatuh temponya masih berlangsung lama sampai dengan 6 bulan kedepan, jelas Dedi Taufik.

Alasan di lakukan kebijakan pemutihan tahun ini adalah sebagai upaya pemerintah dalam mendukung program pemulihan ekonomi paska pandemi, selain juga untuk menarik minat masyarakat membayar pajak. Saat ini merupakan waktu yang tepat bagi pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pengesahan stnk serta untuk melakukan proses balik nama kendaraan bermotor karena tidak di pungut biaya. Selain itu juga merupakan upaya untuk mengupdate data pajak kendaraan bermotor yang ada di wilayah Jawa Barat, serta di harapkan dapat mendongkrak penerimaan Pajak Kendaran Bermotor (PKB) serta Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta meningkatkan pendapatan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), tambah Dodi.

Pemutihan direncanakan akan di laksanakan pada tanggal I Juli 2022 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022. []