Jasa Raharja Kalsel Santuni Korban Pelajar SD Meninggal Dunia di Tanah Laut

PT Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Petugas Jasa Raharja Pelaihari, Triyono menyerahkan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Tanah Laut, Senin (23/01/2023). Kecelakaan ini mengakibatkan empat pejalan kaki yang merupakan pelajar Sekolah Dasar (SD) menjadi korban.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan lalu lintas terjadi pada tanggal 21 Januari 2023 di Jalan Raya Desa Kait Kait RT. 05 Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan yang melibatkan satu unit roda empat yang menabrak empat orang pelajar SD yang sedang berjalan kaki sehingga mengakibatkan dua orang meninggal dunia, Arjuna Wijayanto (8) dan Nabila Aditiani Putri (7), sedangkan dua orang lainnya mengalami luka-luka, Syifa Raudah (8) dan Nafisah Qurrota Yun (8).

Triyono mengungkap seluruh korban meninggal dunia berdomisili di Kabupaten Tanah Laut dan bergerak cepat mendatangi kediaman korban dan menyampaikan hak yang diterima oleh ayah kandung korban bernama Arjuna Wijayanto sebagai ahli waris, yaitu jaminan santunan meninggal dunia Rp 50 juta.

Di lokasi yang terpisah, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan, Benyamin Bob Panjaitan mengatakan seluruh korban kecelakaan terjamin Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Adapun pihaknya menyerahkan santunan meninggal dunia kepada masing-masing ahli waris korban yang sah sebesar Rp 50 juta, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 16 Tahun 2017.

“Sementara untuk korban luka, kami telah menerbitkan surat jaminan sebesar Rp 20 juta kepada rumah sakit tempat korban dirawat,” lanjut Bob.

Jasa Raharja sebagai BUMN bertugas memberikan perlindungan dasar bagi masyarakat korban kecelakaan lalu lintas, dan berkomitmen menghadirkan pelayanan prima sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No 33 dan 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum dan Lalu Lintas Jalan, yang tidak lain merupakan salah satu bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat yang membutuhkan.

PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan senantiasa mengimbau seluruh masyarakat pengguna jalan agar berhati-hati dalam berkendara, dan patuh terhadap aturan lalu lintas yang berlaku. []