Jasa Raharja Kalteng Sosialisasikan Penting Jasa Raharja Bagi Pemilik Kapal Di Desa Talio Dan Desa Pendang

PT Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Kalimantan Tengah melalui Petugas Jasa Raharja Buntok, Faisal Sukma melakukan kegiatan sosialisasi dan penggalian potensi IWKL terhadap moda transportasi sungai kapal rakyat yang berada di Desa Talio dan Desa Pendang, Senin (22/6).

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah, Iman Raharja mengungkapkan “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah dalam menggali potensi disektor Iuran Wajib serta sarana untuk mensosialisasikan Jasa Raharja kepada masyarakat pengguna moda transportasi sungai.”

Selain menggali potensi di wilayah tersebut petugas sekaligus berkesempatan memperkenalkan tugas dan fungsi Jasa Raharja, seperti diketahui jalan darat menuju Desa Talio masih susah dilewati dengan menggunakan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, sehingga untuk mempersingkat waktu dan kenyamanan menuju Desa Talio masyarakat Kabupaten Barito Selatan lebih memilih jalan pintas yaitu menggunakan kapal feri penyeberangan yang ada di Desa Danau Sadar.

Dalam sosialisasi tersebut petugas mensosialisasikan kepada pemilik kapal akan pentingnya mengurus kelengkapan surat dan membayar IWKL (Iuran Wajib Kapal Laut). Diharapkan kedepannya para pemilik kapal feri penyeberangan di Desa Danau Sadar dapat melaksanakan kewajibannya karena ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi mereka namun juga pengguna jasa kapal mereka.

“Jasa Raharja sebagai perpanjang tangan dari Pemerintah mengemban tugas untuk memberikan kepastian jaminan kepada para penumpang pengguna angkutan umum khususnya di wilayah perairan yang mengalami kecelakaan, yang mana untuk santunan tersebut berasal dari Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) yang dibayarkan penumpang bersamaan pada saat membayar ongkos/tiket” tutup Iman. []