Jasa Raharja Kaltim Dukung Operasi Gabungan Tingkatkan Kepatuhan Pajak Kendaraan di Balikpapan

Pajak Kendaraan di Balikpapan

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Guna meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam pengesahan STNK serta pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), Polresta Balikpapan melaksanakan operasi gabungan pemeriksaan pajak daerah di wilayah Ruko BP kota Balikpapan. Operasi ini diinisiasi dan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Ibu Kompol Ropiani, serta bersinergi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) UPTD Balikpapan dan Jasa Raharja pada hari Kamis (13/6/2024).

Operasi gabungan ini merupakan salah satu upaya nyata dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pengesahan STNK dan membayar PKB serta SWDKLLJ tepat waktu. Melalui operasi ini, diharapkan masyarakat semakin memahami pentingnya kontribusi mereka dalam membayar pajak kendaraan yang berimplikasi langsung pada keselamatan bersama.

Nasjwin, Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Timur, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Jasa Raharja sangat mendukung pelaksanaan operasi gabungan ini sebagai bentuk sinergi antara instansi terkait. Melalui kegiatan ini, kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya membayar pajak kendaraan tepat waktu yang berdampak kepada kepastian jaminan bagi setiap korban kecelakaan lalu lintas.”

Selama operasi, anggota Polresta Balikpapan menghentikan kendaraan secara acak untuk memeriksa kelengkapan keselamatan berkendara. Setelah itu, petugas UPTD dan Jasa Raharja membantu memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, termasuk bukti pembayaran PKB. Para pengendara yang kedapatan belum melakukan pengesahan STNK atau pembayaran PKB dan SWDKLLJ diberikan peringatan dan diarahkan untuk segera memenuhi kewajibannya.

Melalui kegiatan ini, Jasa Raharja bersama dengan Polresta Balikpapan dan Bapenda UPTD Balikpapan berharap dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak kendaraan tepat waktu. Pembayaran pajak kendaraan yang tepat waktu tidak hanya menghindarkan pengendara dari sanksi administratif, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman.

Jasa Raharja mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung program ini dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan membayar pajak kendaraan tepat waktu. Dengan demikian, kita dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan nyaman untuk semua.[]