Kolaborasi Jasa Raharja dengan KSOP Kelas I Balikpapan Guna Penertiban Kewajiban Operator Kapal Laut

Operator Kapal Laut

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan mitra kerja, pada hari Senin (13/06), Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kaltim, Nasjwin berkunjung ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan dan disambut baik oleh M. Takwin Masuku selaku Kepala KSOP Kelas I Balikpapan.

Dalam kunjungannya, Nasjwin menyampaikan apresiasinya atas sinergitas yang selama ini sudah berjalan dengan baik antara PT Jasa Raharja dengan KSOP.

Sebagai upaya memastikan seluruh operator kapal laut sudah melakukan kewajibannya dalam hal penyetoran Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) yang dikutip dari penumpang dan disetorkan kepada PT Jasa Rahaja guna memberikan jaminan perlindungan apabila terjadi musibah kecelakaan, KSOP Kelas I Balikpapan memastikan sebelum terbitnya Surat Perintah Berlayar (SPB), setiap operator kapal laut wajib telah mengutip IWKL dari seluruh penumpangnya.

“Berdasarkan UU No.33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, seluruh penumpang umum pengguna transportasi darat, laut dan udara mendapatkan jaminan perlindungan dari PT Jasa Raharja, oleh karena itu operator maupun pengelola wajib membayarkan Iuran Wajib yang telah dikutip dari penumpang kepada Jasa Raharja” tambah Nasjwin.

Sejalan dengan hal tersebut, M.Takwim Masuku menambahkan bahwa KSOP sebagai otoritas pelabuhan, wajib memastikan keselamatan dan perlindungan seluruh penumpang dan awak kapal sebelum kapal tersebut mulai berlayar”

Guna meningkatkan hubungan sinergitas dengan mitra terkait dan pelayanan kepada masyarakat, PT Jasa Raharja selalu siap mendukung dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik.[]