Laka Lantas Didominasi Usia Pelajar, Jasa Raharja Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas di Kabupaten Kolaka

Jasa Raharja Sulawesi Tenggara

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Jasa Raharja Sulawesi Tenggara bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Satuan Lalu Lintas Polres Kolaka mengadakan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada 75 orang siswa/i dari 3 (tiga) SMA (Sekolah Menengah Atas) di Kabupaten Kolaka, Senin (14/3) sebagai langkah awal didalam upaya pencegahan laka lantas yang didominasi oleh usia pelajar.

Kepala Jasa Raharja Sulawesi Tenggara, Saldhy Putranto S.Kom, MBA, AAAI-K, AMII menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini disambut dengan sangat antusias oleh para peserta, dibuktikan dengan adanya interaksi dan pertanyaan yang dilontarkan. Kegiatan sosialisasi seperti ini merupakan program rutin Jasa Raharja Sulawesi Tenggara yang diharapkan akan menekan angka laka lantas. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya laka lantas yang dialami diusia pelajar, diantaranya belum cukup umur para pelajar berarti belum waktunya untuk mengendarai kendaraan bermotor tetapi sudah diperbolehkan oleh orang tuanya dan pada saat berkendara bisa saja dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sehingga biasanya terjadi balapan dan sebagainya.

“Kegiatan sosialisasi merupakan program rutin Jasa Raharja Sulawesi Tenggara bidang kehumasan, yang dilaksanakan di sekolah- sekolah, balai desa dan kecamatan. Selain itu, sosialisasi juga kami laksanakan di radio maupun stasiun TV lokal, yang diharapkan akan menambah kesadaran masyarakat didalam tertib berlalu lintas. Harapannya, masyarakat terhindar dari musibah kecelakaan, tetapi jika itu terjadi, masyarakat harus mengerti prosedur pengurusan santunan Jasa Raharja, sehingga edukasi sangat diperlukan ke seluruh lapisan masyarakat”, Lanjut Saldhy menjelaskan.

Jenis kecelakaan yang dijamin oleh Jasa Raharja adalah kecelakaan yang melibatkan dua atau lebih kendaraan bermotor, masyarakat yang tertabrak kendaraan bermotor, dan kecelakaan penumpang pada angkutan umum. Jasa Raharja tidak memberikan pergantian kerugian materiil pada kendaraan yang mengalami kecelakaan, kecelakaan tunggal kendaraan pribadi maupun kecelakaan yang disebabkan tindakan kriminal selain itu, kecelakaan diusia pelajar juga banyak terjadi akibat adu kecepatan atau balapan liar yang tidak dapat dijamin oleh Jasa Raharja. Sehingga dihimbau kepada seluruh orang tua agar memikirkan segala resiko yang bisa terjadi kepada anak yang belum cukup umur pada saat menggunakan kendaraan bermotor. []