Layanan ASDP Kini Punya SPLU Ramah Lingkungan

Layanan ASDP

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Layanan ASDP terus ditingkatkan kualitasnya, termasuk penambahan berbagai fitur dan kelengkapan untuk penumpang.

Yang terbaru layanan ASDP kini sudah dilengkapi dengan Anjungan Listrik Mandiri (Alma) yang digarap oleh PT PLN (Persero).

Dengan hadirnya Alma, dipastikan akan meningkatkan efisiensi pada armada kapal karena lebih irit bahan bakar minyak (BBM).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, Alma merupakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang akan mendukung program ramah lingkungan.

Pihaknya memasang Alma pada layanan ASDP untuk meningkatkan efisiensi dan akan dibangun di seluruh cabang PT ASDP yang tersebar di 17 wilayah.

“Dengan hadirnya Alma di seluruh cabang ASDP, maka kami turut mengurangi emisi karbon, karena dengan menggunakan listrik jumlahnya hanya sepertiga dari emisi karbon dari penggunaan BBM,” kata Shelvy, Minggu (3/7/202).

Layanan yang disediakan oleh PT PLN ini dibuat dalam bentuk SPLU untuk satu fase maupun tiga fase.

Adapun layanan ASDP terbaru ini sudah terpasang di empat kantor cabang, yaitu Kota Sibolga (Sumatera Utara) Banda Aceh (NAD), Ternate dan Ambon (Maluku).

“Kami targetkan secepatnya layanan Alma ini bisa segera ditambah di beberapa cabang ASPD lainnya sehingga bisa memberikan efisiensi dalam operasional kapal,” ujarnya.

Terkait progres pengerjaan di kantor cabang lainnya, Shelvy menjelaskan masih dilakukan kajian singkat bersama untuk menentukan lokasi dan jumlah unit yang akan dipasang.

Dengan begitu, diharapkan kehadiran Stasiun Penyedia Listrik Umum rendah emisi ini bisa semakin mengoptimalkan operasional perusahaan serta mendukung penggunaan energi ramah lingkungan.

Untuk diketahui, alat ini sudah dipasang di KMP Gorango yang melayani tiga lintasan komersial yakni dari Ternate menuju Sidangoli, Sofifi, dan  Rum.

KMP Gorango yang beroperasi dari ASPD Cabang Ternate ini juga melayani rute perintis dengan jadwal sebulan sekali yakni dari Ternate menuju Batang II dan sebaliknya.

Sementara Direktur Utama PT ASDP, Ira Puspadewi menambahkan, peresmian Alma ini adalah bagian dari program ramah lingkungan yang dijalankan perusahaan.

Karena kapal yang digunakan ASDP akan memanfaatkan energi bersih ketika kapal sedang bersandar di pelabuhan.

Ia pun memastikan, dengan sistem ini, semua armada kapal Ferry akan  mengalami efisiensi untuk umur suku cadang yang lebih panjang, termasuk penggantian oli mesin. []