Lowongan Kerja BUMN, Butuh 2.700 SDM di 56 BUMN

Lowongan Kerja BUMN

BUMNREVIEW.COM, Jakarta –  Lowongan kerja BUMN resmi dibuka secara besar-besaran, dan para angkatan kerja sudah bisa mulai melakukan pendaftaran secara online.

Total karyawan yang dibutuhkan dalam lowongan kerja BUMN tahun ini sebanyak 2.700 orang untuk ditempatkan di 56 perusahaan pelat merah.

Proses rekrutmen BUMN kali ini juga dilakukan secara bersamaan melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) di laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan seleksi karyawan akan dilakukan secara ketat untuk mendapatkan calon pemimpin BUMN yang punya kapasitas dan akhlak yang baik.

“Seleksi ini kita harapkan bisa menjaring talenta-talenta terbaik untuk berkarya di BUMN dan menjadi bagian dari transformasi BUMN, karena langkah transformasi ini tidak akan berhasil jika tidak dimulai dari SDMnya. Jadi kita harus memastikan bahwa hasil seleksinya adalah talenta terbaik,” ungkap Erick di acara peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa (12/4/2022).

Adapun jenjang pendidikan yang diterima pada lowongan BUMN 2022 ini mulai dari Diploma, S1, hingga S2 dengan rentang umur maksimal dari 27 sampai 35 tahun.

BERBAGAI POSISI

Posisi yang dibutuhkan juga sangat beragam, seperti PT Pertamina butuh operator dan sales branch, Pertagas butuh junior auditor, junior analyst, hingga supervisor, lalu PLN butuh assistant analyst pemasaran, dan assistant engineer.

Kemudian di sektor perbankan, BRI sedang membutuhkan data analyst dan relationship manager, Bank Mandiri butuh posisi banking staff, BNI butuh business origination admin kredit dan business origination remedial recovery, lalu BTN butuh junior branch funding sales, branch funding support, loan officer dan loan service.

Tak hanya itu, berbagai sektor juga membuka berbagai posisi, mulai dari BUMN Pertanian, Perkebunan, Pertambangan, Transportasi, Infrastruktur hingga Farmasi.

Untuk persyaratan umum dalam lowongan kerja BUMN ini, di antaranya WNI usia maksimal 27 tahun (Diploma I/II/III), usia 30 tahun (S1/D3) dan usia 35 tahun (S2).

Kemudian IPK minimal 2,75, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, sehat jasmani dan rohani dan tidak menggunakan narkoba.

Peserta juga wajib melampirkan dokumen SKCK dan sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan sertifikasi pengalaman kerja apabila ada rekomendasi dari komunitas, seperti prestasi olahraga, seni, digital creator atau start up.

Untuk pendaftaran akan dibuka 14 April sampai 25 April di laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id, dan seluruh proses seleksi dilakukan secara online.

Maka pengumuman tiap tahapan seleksi akan disampaikan dalam laman resmi tersebut, sehingga hasilnya dipastikan transparan.

Panitia seleksi lowongan kerja BUMN juga mengingatkan bawah seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya sama sekali, jadi kalau ada pihak yang meminta biaya dan menawarkan bantuan agar bisa lulus, laporkan saja ke FHCI. []