Penumpang Ke Sabang Membludak, Jasa Raharja Imbau Tetap Utamakan Keselamatan

Utamakan Keselamatan

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Arus penyeberangan orang maupun kendaraan dari Banda Aceh ke Sabang membludak sejak hari kedua lebaran Idul Fitri 1444 H. Area parkir kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue pun sudah terisi penuh oleh kendaraan.

“Mulai kemarin (Minggu/23/4) sudah terjadi peningkatan, dan hari ini peningkatannya juga cukup signifikan,” kata Kadishub Aceh, Teuku Faisal saat memantau langsung pelayanan transportasi penyeberangan di Pelabuhan Ulee Lheue, Senin, 24 April 2023.

Teuku Faisal menyebutkan, pergerakan pengguna jasa sebelum hari raya Idul Fitri sekitar seribuan penumpang tiap harinya. Sedangkan pada hari kedua lebaran mulai membludak mencapai 3.821 orang. “Peningkatannya mencapai 300 persen lebih. Tapi tidak terjadi selalu, hanya saat moment lebaran atau libur panjang seperti ini,” sebutnya.

“Jadi strategi kita, karena area parkir di dalam sudah penuh, untuk kendaraan yang akan menyeberang kita manfaatkan jalur di luar pelabuhan sebagai buffer zone. Begitu yang di dalam sudah naik ke kapal, baru kendaraan yang di luar masuk ke pelabuhan,” ungkapnya.

Seluruh fasilitas yang tersedia di pelabuhan, kata Teuku Faisal, kini juga sudah bisa dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan dengan baik, seperti ruang tunggu yang nyaman, konter tiket yang terpusat, automatic gate untuk penumpang, fasilitas cashless untuk pembayaran retribusi, serta shelter antrian kendaraan roda 2 yang lebih nyaman.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengutamakan keselamatan dan mengantri sesuai dengan ketentuan otoritas pelabuhan,” tutur Regy selaku Kepala Jasa Raharja Cabang Aceh.

“Kami juga menyediakan layanan pengecekan kesehatan secara gratis di Pelabuhan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang dan awak kapal serta personil yang sedang melaksanakan PAM Lebaran ,” tutup Regy.[]