Perjalanan luar negeri dibuka, Jasa Raharja Kepulauan Riau Sosialisasikan Pentingnya Penjaminan bagi Pengguna Transportasi Kapal Laut Rute International

PT Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau, Mulyadi bersama dengan Kepala PT Jasaraharja Putra Cabang Batam melakukan kunjungan ke PT Putra Maju Global. Dalam kunjungannya, Mulyadi memiliki misi mensosialisakan pentingnya penjaminan bagi para penumpang kapal rute international yang dimiliki oleh PT Putra Maju Global.

Sesuai dengan ketentuan undang-undang bahwa tiap penumpang yang sah dari kapal perusahaan perkapalan/pelayaran nasional wajib membayar iuran melalui pengusaha/pemilik yang bersangkutan untuk menutup akibat keuangan disebabkan kecelakaan penumpang dalam perjalanan.

Dalam kunjungan yang disambut baik oleh Direktur Keuangan PT Putra Maju Global, Mulyadi menyampaikan bahwa Jasa Raharja sebagai perusahaan BUMN wajib memberikan jaminan kepada penumpang kapal dari Indonesia ke negara lain. “Saat ini rute dari Indonesia ke Singapura maupun ke Malaysia sudah dibuka, harapannya kita segera melakukan MOU sehingga jika terjadi sesuatu, negara dapat hadir memberikan perlindungan kepada masyarakat yang menggunakan Kapal Laut milik PT Maju Global”, kata Mulyadi menambahkan.

Jasa Raharja sebagai representasi negara, sesuai dengan amanah undang-undang akan memberikan penjaminan bagi korban kecelakaan penumpang kapal laut sebesar Rp 20.000.000 untuk biaya perawatan medis, santunan cacat tetap maksimal Rp 50.000.000 dan santunan meninggal duania sebesra Rp 50.000.000 bagi korban meninggal dunia yang memiliki ahli waris.

Mulyadi pada ksempatan ini juga menghimbau kepada masyarakat Kepulauan Riau agar memanfaatkan program keringanan pajak yang saat ini sednag berlangsung. “Pembayaran pajak kendaraan bermotor ini sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian daerah, tetapi juga untuk membayarkan santunan bagi para korban kecelakaan lalu lintas jalan”, kata Mulyadi menutup wawancaranya. []