Perjalanan Penumpang Kapal Muara Marina Selaras Terlindungi Jasa Raharja

PADANG – PT Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Sumatera dengan PT Muara Marina Selaras lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pelaksanaan Penyetoran Iuran Wajib dan Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, dan Laut pada Rabu (22/6).

Perjanjian kerjasama ditandatangani langsung oleh Ricky Vernando, Direktur PT Muara Marina Selaras dan Raihan Farani, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat.

Perjanjian kerjasama ini di dasari oleh Undang – Undang tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang. Dimana Jasa Raharja sebagai perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjalankan program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Besaran tarif dan nilai santunan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No. 15 Tahun 2017.

Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang salah satunya yaitu Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) merupakan Dana yang dibayarkan oleh penumpang angkutan umum bersamaan dengan pembelian tiket resmi.

Indryo Wahyuno, Kepala Sub Bagian Iuran Wajib Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat dalam keterangannya mengatakan “Pengutipan IWKL dilakukan bersamaan dengan pembelian tiket resmi oleh operator kapal, dan selanjutnya akan di setorkan kepada Jasa Raharja”.

Besaran Iuran Wajib untuk setiap penumpang kapal berdasarkan PMK Nomor 15/PMK.010/2017, ditentukan berdasarkan tarif biaya angkut. Untuk Kapal Muara Marina Selaras yang memiliki tarif biaya angkut diatas Rp. 25.000, besaran Iuran Wajib yang dikutip sebesar Rp. 2.000.

Besaran santunan yang diterima berdasarkan PMK Nomor 15/PMK.010/2017 untuk korban meninggal dunia akan mendapatkan santunan sebesar Rp50 juta. Diserahkan kepada ahliwarisnya yang sah. Untuk korban luka-luka sebesar Rp20 juta dan untuk korban cacat tetap mendapatkan santunan maksimal Rp50 juta. Serta terdapat manfaat tambahan yaitu biaya P3K sebesar Rp10juta dan biaya ambulans sebesar Rp500 ribu. []