Perkuat Kerja Sama, Jasa Raharja Kepri Kunjungi Sejumlah Operator Kapal Penumpang Di Kota Batam

Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau melakukan kunjungan rutin ke beberapa operator kapal penumpang di Kota Batam pada hari Kamis, 19 Mei 2022. Kunjungan rutin ini dilakukan dalam upaya menjaga kerja sama dan koordinasi dengan operator-operator kapal penumpang dalam rangka perlindungan penumpang selama dalam perjalanan.

Beberapa operator yang dikunjungi antara lain PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam di Telaga Punggur, PT Putra Maju Global, dan PT Citra Tritunas di pelabuhan Harbourbay. Selama bulan Mei tercatat ketiga operator tersebut mengalami kenaikan jumlah penumpang yang signifikan akibat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. PT ASDP misalnya, yang melayani rute Telaga Punggur – Tanjung Uban mengalami lonjakan jumlah penumpang yang cukup tinggi hingga menciptakan antrian masuk pelabuhan mengular cukup panjang selama arus balik dan arus mudik kemarin.

Petugas Jasa Raharja, Cynthia Dian Larasati menjelaskan bahwa ketiga operator tersebut telah bekerja sama dengan Jasa Raharja dalam hal perlindungan dan penjaminan penumpang, sehingga penumpang tidak perlu khawatir selama menaiki kapal dari ketiga operator tersebut.

“Untuk tiga operator yaitu PT ASDP Indonesia Ferry, PT Putra Maju Global, dan PT Citra Tritunas sudah lama bekerja sama dengan kami terkait penjaminan dan perlindungan penumpang, jadi setiap tiket resmi yang dibeli penumpang sudah termasuk premi atau iuran wajib Jasa Raharja. Penumpang tidak perlu khawatir untuk penjaminannya, yang perlu penumpang pastikan bahwa tiket yang dibeli merupakan tiket resmi yang dijual oleh operator-operator tersebut,” jelas Cynthia.

Sudah menjadi tugas Jasa Raharja sebagai pelaksana Undang-undang No. 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang untuk menjamin setiap korban kecelakaan kendaraan bermotor umum dengan memberikan santunan yang besarannya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara.

Dengan melonggarnya aturan tentang pembatasan mobilitas masyarakat dapat dipastikan mobilitas masyarakat akan terus meningkat, terutama dengan moda transportasi kapal laut dimana merupakan moda transportasi utama di Provinsi Kepulauan Riau. Perjalanan kapal tentu semakin aman dengan penjaminan dan perlindungan dari Jasa Raharja. []