PMN Garuda Indonesia Kapan Mulai Cair?

PMN Garuda PMN Garuda

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – PMN Garuda yang disiapkan oleh Pemerintah dipastikan bakal mulai cair tahun ini.

Penyuntikan Penyertaan Modal Negara atau PMN Garuda ini sebelumnya sudah disepakati bersama DPR RI untuk menyelamatkan maskapai milik negara ini dari kebangkrutan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI sudah menyiapkan anggaran besar dari APBN 2022 untuk penyaluran PMN Garuda dan beberapa BUMN lainnya yang butuh tambahan modal.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban mengatakan, salah satu penerima PMN dengan jumlah besar di tahun ini adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Penyertaan Modal Negara kepada GIAA akan dimulai setelah para kreditur sepakat dengan skema restrukturisasi utang pada proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

“Pemerintah memastikan akan menyuntik tambahan modal kepada Garuda Indonesia,  tapi untuk berapa angkanya, itu nanti saya akan bawa ke Komisi XI,” kata Rionald pada Jumat 24 Juni 2022.

Dijelaskannya, penyertaan modal ini dilakukan dalam bentuk rights issue sebagai upaya penyelamatan bisnis Garuda yang kondisinya masih terpuruk.

Rionald pun menyebutkan bahwa pencaiaran dana PMN bagi BUMN di tahun ini akan terus berjalan dan dituntaskan.

“Artinya untuk penyertaan modal ini tidak akan ada penundaan atau sebagian lagi dicairkan di tahun depan. Untuk saat ini sudah ada yang sedang berproses,” ungkpanya.

Ia menambahkan, terdapat sebagian alokasi APBN yang masih dalam cadangan pembiayaan.

Untuk itu Kementerian Keuangan akan membahasnya bersama Kementerian BUMN mengenai perusahaan mana yang akan mendapat cadangan pembiayaan itu agar lebih tepat sasaran.

Rionald juga menyebut ada pula proses pencairan PMN yang sudah berjalan dengan baik yang sebelumnya sudah mendapatkan lampu hijau dari DPR RI.

“Untuk tahun ini yang sudah jalan misalnya kepada Hutama Karya, Wakita dan Adhi Karya. Karena sebelumnya sudah dilaporkan kepada DPR jadi itu sudah berjalan,” bebernya.

 

PMN GARUDA DISEPAKATI DPR

Terkait penetapan PMN Garuda, DPR RI melalui Panja Penyelamatan Garuda Indonesia sudah sepakat bakal memberikan modal Rp7,5 triliun.

Namun Pemerintah hanya akan memberikan bantuan modal jika pihak Garuda sudah berdamai dengan kreditur dalam proses PKPU di pengadilan.

Selain menyetujui suntikan modal, Panja DPR RI juga memberikan sejumlah rekomendasi, seperti dukungan untuk penyelamatan dan juga meminta laporan secara berkala terkait proses penyelamatan tersebut.

Sementara Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut Garuda Indonesia berencana melakukan penambahan modal melalui skema rights issue dalam 2 tahap.

Untuk kuartal ketiga tahun ini pemerintah akan menyuntik dana senilai Rp7,5 triliun lewat rights issue, dengan porsi kepemilikan pemerintah naik menjadi 65 persen dari sebelumnya 60,54 persen.

Selanjutnya pada rights issue kedua akan digandeng mitra strategis sehingga kepemilikan saham pemerintah menjadi 51 persen. []