Prioritaskan Keselamatan Penumpang Umum, Jasa Raharja Sumatera Selatan Gelar Diklat Crew Angkutan Umum

Relesase Diklat Crew Angkutan Umum Tahun 2022- New

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Pada hari Kamis tanggal 23 Juni 2022 PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Crew Angkutan Umum tahun 2022, bertempat di Hotel Harper Kota Palembang. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang perwakilan dari Perusahan Otobus (PO) wilayah Sumatera Selatan yang terdiri dari pengemudi dan pengurus perusahaan Otobus. Acara yang dihadiri oleh Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana , dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan Drs H. Ari Narsa, Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementrian Perhubungan Ir. Danto Restyawan , Kepala Divisi Pelayanan PT. Jasa Raharja Hervanka Tridianto, Dirlantas Polda Sumsel , BPTD Wilayah VII Provinsi Sumsel, Ketua DPD Organda Kota Palembang, dan perwakilan dari Pemilik Perusahaan Otobus dan undangan lainnya.

Dalam Sambutan Direktur Operasional PT Jasa Raharja menyampaikan “Salah satu tugas utama Jasa Raharja yaitu melaksanakan pelayanan santunan bagi korban laka lantas”, bersama ini dapat kami sampaikan data pelayanan santunan kami Pada Periode sd Mei 2022 Sebesar Rp.1,08 Trilyun rupiah santunan telah kami lakukan penyerahan kepada korban dan ahli waris. Dan Rp.21,5 milyar diantaranya adalah santunan di wilayah Sumatera Selatan

Kecepatan pelayanan santunan bagi korban meninggal dunia, secara nasional mencapai 1 hari 5 jam, dan pada cabang Sumatera Selatan 1 hari 1 Jam, lebih cepat daripada nasional.

Sebanyak 1.443 Rumah sakit secara nasional telah bekerja sama dengan Jasa Raharja, dan sebanyak 66 RS di wilayah Sumsel telah bekerja sama dengan Jasa Raharja. Guna menerbitkan jaminan jasa Raharja sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Hal ini menghindarkan pasien korban laka dari proses reimburse biaya rawatan yang akan membebani korban ujar Dewi

Jasa Raharja sebagai pendukung pilar ke V dalam RUNK (Rencana Umum Nasional Keselamatan) Jalan turut secara aktif bersinergi bersama para stakeholder dalam upaya upaya pencegahan laka lantas diantaranya :

1. Giat edukatif berupa Pelatihan Awak angkutan umum, nahkoda teladan, awak ambulans teladan, serta pelatihan penanganan korban laka lantas bagi warga masyarakat guna mencegah fatalitas.
2. Giat partisipatif berupa sinergi dengan Korlantas, Kemenhub, 5 Pilar dalam kegiatan dan Upaya pencegahan laka lantas, serta safety campaign bersama.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan, Abdul Haris juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pengemudi dan awak angkutan umum tentang Undang-Undang No. 33 dan 34 Tahun 1964. Selain itu, pada kegiatan ini para narasumber juga menyampaikan informasi terkait tata cara keselamatan lalu lintas, peraturan perundang-undangan lalu lintas angkutan jalan, penanganan laka lantas, serta mitigasi guna menurunkan risiko kecelakaan dan menurunkan fatalitas.

Haris mengharapkan dengan adanya kegiatan ini diharapakan semua pihak memiliki pemahaman bersama bahwa keselamatan penumpang merupakan tanggung jawab bersama, karena dengan tertib berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas diharapkan dapat meminimalisir angka kecelakaan angkutan umum yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. []