Produk Asuransi Jasindo Makin Produktif, Dorong Kinerja Positif Perusahaan

Produk Asuransi Jasindo

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Produk Asuransi Jasindo mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2022.

Ada tiga produk asuransi Jasindo yang mengalami peningkatan, yaitu Satelit, Marine Cargo dan Off Shore.

Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), Diwe Novara mengatakan Segmen Marine Cargo mendapat realisasi premi LOB Rp53 miliar dalam 9 bulan tahun ini.

Jumlah itu meningkat sebesar 12,21 persen dibandingkan capaian di tahun lalu dengan total Rp47 miliar untuk periode yang sama.

Sementara untuk produk asuransi Jasindo di segmen Offshore hingga September lalu mencapai Rp 479,4 miliar naik 24,55 persen dibandingkan tahun 2021 yaitu Rp384,9 miliar.

“Peningkatan terbesar terjadi pada segmen Satelit yaitu Rp129 miliar, naik 219 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp40,7 miliar,” jelas Diwe dalam keterangan tertulis, Minggu (20/11/2022).

Diwe Novara memaparkan peningkatan yang terjadi pada 3 produk asuransi Jasindo ini didukung oleh berbagai faktor.

Seperti pada Marine Cargo, realisasi premi LOB naik karena adanya peningkatan realisasi atas polis deklarasi yang bersumber dari nasabah-nasabah BUMN, Swasta dan Broker.

Kemudian pada segmen Offshore, faktor pendorong terbesaradalah peningkatan aktivitas oil dan gas, serta perpanjangan proyek yang bersumber dari nasabah-nasabah BUMN dan Swasta.

Hal serupa juga terjadi pada segmen satellit, dimana pertumbuhan ini didorong karena nasabah baru yang bersumber yang didominasi pihak swasta.

Pihak perseroan berharap kinerja positif dari ketiga produk asuransi Jasindo ini akan terus berlanjut sehingga turut mendorong kinerja perusahaan di tahun mendatang.

Di sisi lain, perusahaan asuransi milik negara ini juga terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para nasabah, salah satunya kedepatan pencairan klaim asuransi.

Belum lama ini, Jasindo telah menyelesaikan kewajiban pembayaran berbagai klaim asuransi hingga triwulan III 2022 dengan mengucurkan dana senilai Rp1,9 triliun.

Direktur Keuangan Asuransi Jasindo Bayu Rafisukmawan mengatakan, pengeluaran dana ini sebagai komitmen Jasindo untuk menjalankan roda perusahaan sesuai prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Ia menyatakan, salah satu syarat GCG adalah menyelesaikan klaim sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka harus dibayarkan klaim pada jenis produk asuransi yang dimiliki.

Perlu diketahui, Jasindo saat ini sudah menjadi salah satu perusahaan yang tgabung dalam Holding BUMN Indonesia Financial Group (IFG).

IFG dibentuk sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki berbagai produk asuransi seperti asuransi satelit, pesawat, kapal, motor, asuransi kebakaran, angkutan, perjalanan, dan berbagai produk lainnya. []