Ranpur Pindad 8×8 Siap Produksi, Gandeng Perusahaan Militer Uni Emirat Arab

Ranpur Pindad

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Ranpur Pindad atau Kendaraan tempur kini menjadi salah satu produk unggulan dari BUMN Industri Pertahanan.

Guna meningkatkan kemampuan tempur dari produk ranpur Pindad, pihak perseroan baru saja menggandeng perusahaan bidang pertahanan asal Uni Emirat Arab, yaitu Calidus LLC.

Naskah Nota Kesepahaman (MoU) ini diteken oleh Dirut PT Pindad Abraham Mose beserta Chairman Calidus LLC Faris Al Mazrouei pada Kamis, 30 Juni 2022 di Abu Dhabi.

Perjanjian tentang pengembangan bersama produk kendaraan tempur 8×8 ini juga dihadiri langsung oleh Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan UEA HE M Ahmed Al Bowardi.

Kerjasama ini merupakan langkah strategis dari kedua negara untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan kemampuan militer serta keahlian industri pertahanan di negaranya masing-masing.

Dalam keterangan resmi dari PT Pindad, dijelaskan bahwa lingkup kerjasama yang akan dijalankan dengan perusahaan Calidus LLC yaitu pengembangan dan produksi bersama ranpur Pindad.

Kemudian engineering design, asistensi teknis dan pasokan komponen dan suku cadang untuk produk kendaraan tempur 8×8.

“Kerjasama ini akan meningkatkan penerapan teknologi terbaru dalam memproduksi ranpur Pindad jenis 8×8, terutama untuk medan wilayah gurun serta ketahanan balistik,” jelas keterangan PT Pindad, Kamis (30/6/2022).

Diketahui penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah kelanjutan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan UEA.

Pada Februari 2020 lalu, kedua perwakilan negara ini sudah meneken

Perjanjian kerjasama di bidang industri pertahanan.

PT Pindad sendiri saat ini sudah masuk dalam Holding BUMN Pertahanan RI atau Defend ID yang memiliki kompetensi pada pengembangan dan produksi produk kendaraan tempur.

Beberapa ranpur Pindad yang sudah diproduksi yaitu kendaraan taktis (rantis) 4×4 Maung, ranpur 4×4 Komodo, ranpur 6×6 Anoa, ranpur Badak dan Medium Tank Harimau sebagai kendaraan tempur roda rantai.

Sementara Calidus LLC adalah perusahaan asal Uni Emirat Arab yang punya kompetensi di bidang pengembangan dan integrasi produk, pembuatan desain, serta pembuatan produk pertahanan baik udara dan darat.

Dengan dimulainya kerjasama ini, diharapkan industri pertahanan nasional akan meningkatkan dan mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Terutama peningkatan kemampuan PT Pindad dalam hal pengetahuan, teknologi, kapasitas dan kapabilitas untuk memproduksi kendaraan tempur 8×8. []