Rivan A. Purwantono: Menteri Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Jasa Raharja Amankan Mudik di Km 70 Tol Cikarang Utama

di Km 70 Tol Cikarang Utama

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Jasa Raharja bersama kementerian dan instansi terkait terus berupaya memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2023. Salah satunya dengan melakukan pengecekan ke sejumlah titik krusial di sepanjang jalur mudik.

Seperti yang dilakukan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, dan Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur, yang melakukan pengecekan arus lalu lintas mudik di km 70 Cikarang Utama (Cikatama) pada Kamis (20/04/2023) malam.

“Kegiatan malam hari ini, kami lakukan untuk dapat memastikan kelancaran arus mudik masyarakat, dan tentunya dalam upaya pencegahan kecelakaan serta dan antisipasi kepadatan arus,” ujar Rivan.

Dari pantauan tersebut, Rivan menyampaikan bahwa mobilitas para pemudik berjalan dengan aman dan kondusif. “Alhamdulilah semua kegiatan berjalan lancar. Semoga masyarakat dapat terus mematuhi aturan berlalu lintas untuk tetap aman dan berkeselamatan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri menyebut, jumlah pemudik yang melintas di Tol Cikampek mencapai angka tertinggi dibanding tahun 2019 dan 2022. Meski demikian, arus mudik dapat berjalan lancar berkat rekayasa lalu lintas yang diberlakukan. “Alhamdulillah berkat rekayasa yang dilaksanakan, semua bisa berjalan dengan lancar dan teratasi,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, meskipun jumlah pemudik naik 20 persen dari tahun 2022, namun rata-rata kecepatan kendaraan meningkat dari 69 Km/jam menjadi 71 km/jam. “Hal ini menandakan adanya analisa dan perbaikan infrastruktur yang baik dari semua stakeholder,” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Budi, pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan langkah- langkah strategis untuk arus balik mendatang. Ia juga meminta kepada seluruh petugas agar terus semangat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat .[]