Samsat Sleman Dan Jasa Raharja Sosialisasikan Bebas Denda PKB, SWDKLLJ Di Kalurahan Sinduharjo

PT Jasa Raharja

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – KPPD Samsat DIY Sleman dan Jasa Raharja sosialisaikan bebas denda PKB, SWDKLLJ di Kalurahan Sinduharjo. Selasa 22 November 2022 Dalam kegiatan tersebut hadir :

1. Lurah Bangunjiwo Parja
2. Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY Komisi B R.B Wahyu Dwi B
3. Kepala KPPD DIY Samsat Kota Sleman E Rully Marsiati
4. Kepala Sub Bagian SW & Humas Jasa Raharja DIY Septi Ayu P
5. Baur Samsat Sleman Aiptu Supriyono
6. Peserta Dukuh dan masyarakat Sinduharjo Ngaglik Sleman.

Sosialisasi program Bebas denda wilayah Sleman kali ini di Kalurahan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Dalam kegiatan tersebut beberapa narsumber memberikan paparanya masing masing.

Kepala KPPD DIY Samsa Sleman, E Rully Marsiati menekankan kepada perangkat desa setempat agar bisa menjadi peghubung informasi bagi warganya, “setelah diberikan materi ini harapanya masyarakat Sinduharjo berbondong bonding melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor khususnya yang menunggak pajaknya bisa dibayarkan dioutlet paling dekat di wilayah Sinduharjo Ngaglik Sleman.

Selanjutnya, Baur STNk Aiput Supriyono memberikan infromasi bahwa nantinya ada penghapusan data kendaraan yang mati pajak sesuai pasal 74 UU tahun 2009. Kami berikan informasi bahwa nantinya kendaraan yang 2 tahun tidak dilakukan pengesahan dan pembayaran pajak nantinya kendaraan tersebut dblokir dan menjadi kendaraan bodong. Sehingga adanya aturan tersebut monggo bagi perangkat desa yang memiliki warga kendaraan tua tidak dipajeki, dimanfaatkan program bebas denda ini.

“Aturan tersebut di sambut baik oleh Pengelolaan Badan Keuangan dan Aset (BPKA) khususnya di Yogyakarta dan Jasa Raharja sebagai pengelola Undang-undang No.34 yaitu SWDKLLJ dari masyarakat, untuk melaksanakan Asuransi sosial kecelakaan lalu lintas jalan.

Dalam kesempatan tersebut Jasa Raharja menyampaikan Lingkup Jaminan Korban Kecelakaan Lalu lintas jalan dan ditambah beberapa titik2 rawan kecelakaan sehingga perangkat desa bisa menyebarkan informasi kepada warganya
Selain informasi pelayanan kesamsatan juga menginformasikan Bebas Denda PKB, Bea Balik nama dan SWDKLLJ sampai dengan akhir November 2022.

Menurut Kakak Tiwi Kepala Sub Bagian SW & Humas PT Jasa Raharja Samsat Cabang D.I. Yogyakarta, Program penghapusan denda pajak kendaraan di wilayah provinsi DIY yang berlangsung dari periode tanggal 1 Oktober – 30 November 2022, sangat membantu masyarakat yang menunggak membayar pajak kendaraan bermotor dan yang masih enggan membayar karena denda yang cukup besar.

“Masyarakat menjadi sangat antusias dalam memanfaatkan program bebas denda pajak kendaraan di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ” Katanya.

Selain itu Tiwi menyampaikan dalam acara sosialisasi di Kalurahan Sinduharjo mengatakan dana yang di bayarkan oleh masyarakat di masing-masing pajak kendaraan ada SWDKLLJ yang di Kelola oleh Jasa Raharja untuk melindungi masyarakat jika terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya.

Selain itu Kak Tiwi menyampaikan bahwa masyarakat khusunya yang hadir dalam kegiatan ini bisa memberikan informasi Kembali kepada masyarakat diwilayah masing masing sehinga manfaat sosialisasi ini bisa memberikan dampak tertib berlalu lintas dan jika ada kendaraan yang menunggak monggo dimanfaatkan. []