Sinergi Tim Pembina Samsat Kalbar Laksanakan Operasi Gabungan dalam Rangka Upaya Peningkatan Kepatuhan Membayar Pajak

jasa raharja kalbar


BUMNREVIEW.COM, Jakarta –
Dalam rangka peningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Tim Pembina Samsat Kalimantan Barat melakukan operasi gabungan kepada para pengendara motor di wilayah Pontianak. Dalam kegiatan operasi gabungan ini turut dihadiri Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar, Badan Pendapatan Daerah Prov Kalbar, dan PT Jasa Raharja. (Rabu, 12 Juli 2023).

Kegiatan operasi gabungan ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi Pembebasan Denda PKB dan SWDKLLJ serta untuk pengendara yang menunggak dan belum membayar akan dilaksanakan pencatatan dan dihimbau untuk membayar Pajak di samsat terdekat.

Operasi gabungan ini hanya bersifat pemeriksaan dan tidak dilakukan penahanan bagi kendaraan yang belum membayar pajak, namun diberikan edukasi dan informasi mengenai pentingnya melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Dimana dalam Undang-Undang Nomor 22 Pasal 74 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) “Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dapat dilakukan jika pemilik kendaraan tidak melakukan registrasi ulang, sekurang-kurangnya dua tahun setelah habisnya masa berlaku STNK”. Masyarakat juga diinformasikan mengenai program Pembebasan Denda yang diberlakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang terlah berlangsung sampai dengan tanggal 31 Juli 2023.

AA Lanang Dawan Wisnu Wardana, dalam kesempatan ini menyampaikan “Sangat mendukung program pemutihan yang diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Diharapkan untuk masyarakat di wilayah Provinsi Kalbar terutama warga Kota Pontianak untuk memanfaatkan program pemutihan ini.”

“Jasa Raharja sangat mendukung terkait inisiatif yang dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas dalam rangka operasi patuh Kapuas 2023, dengan dilakukannya inisitaif ini diharapkan masyarakat akan lebih patuh untuk membayar PKB. Semoga dengan dilakukannya inisiatif ini juga akan memaksimalkan program pemutihan yang dilakukan karena akan lebih banyak menjangkau masyarakat yang nantinya akan berpengaruh terhadap optimalisasi pendapatan” tutup Lanang. []