Sosialisasi Bidang Kesamsatan, Jasa Raharja Mengudara Bersama Samsat Penajam Paser Utara

Samsat Penajam Paser Utara

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Dalam rangka lebih mengenalkan bidang kesamsatan kepada masyarakat, pada hari Selasa (24/05) UPTD PPRD Wilayah Penajam Paser Utara, PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur dan Satlantas Polres Penajam Paser Utara menggelar kegiatan sosialisasi melalui Talkshow di Onix Radio Balikpapan.

Kegiatan talkshow berlangsung selama 1 jam dan dipandu oleh penyiar Onix Radio, Rega dengan Narasumber Kepala Seksi Penagihan dan Pendataan, Donny Marisya, Kepala Sub Bagian SW dan Humas, Bobby Nelwan Siregar dan Banit STNK Samsat Penajam Paser Utara, Wahyudi. Masing-masing Narasumber menyampaikan terkait tugas pokok dan fungsi instansinya

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sub Bagian SW dan Humas, Bobby Nelwan Siregar menyampaikan bahwa tugas Jasa Raharja adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyerahkan santunan. Dana yang dihimpun salah satunya berasal dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersamaan dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama Samsat.

“Sebagai salah satu dari tiga instansi yang ada di Samsat, Jasa Raharja bertugas mengutip SWDKLLJ dari pemilik kendaraan bermotor dan dana tersebut nantinya akan digunakan untuk memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas jalan”, ujar Bobby Nelwan Siregar.

Selanjutnya Bobby juga menambahkan bahwa jumlah premi dan santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.10/2017 tanggal 13 Februari 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Diakhir acara talkshow Bobby menghimbau kepada masyarakat, khususnya pendengar setia Onix Radio Balikpapan untuk selalu taat dan tidak lupa membayar PKB dan SWDKLLJ setiap tahunnya serta selalu berhati-hati dalam berkendaraan dan selalu mentaati peraturan lalu lintas yang ada demi keselamatan diri sendiri maupun sesama pengguna jalan lainnya.[]