Sosialisasi Tugas Dan Fungsi Jasa Raharja Dalam Kegiatan Jum’at Curhat Di Dermaga Semayang Balikpapan

Di Dermaga Semayang Balikpapan

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk memberikan perlindungan dasar bagi masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan, PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur terus melakukan upaya-upaya preventif guna mengurangi jumlah risiko kecelakaan pengguna kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum.

PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Timur melalui Kepala Sub Bagian Iuran Wajib, Bramantyo Hadi Prasetiyo melakukan sosialisasi untuk memastikan perlindungan dasar kepada para penumpang moda angkutan umum air dalam kegiatan Jum’at Curhat yang digelar oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang di Dermaga Speedboat Semayang pada hari Jum’át (28/07).

Kegiatan yang diikuti oleh para pemilik speedboat yang menyediakan jasa transportasi penyeberangan dari Balikpapan menuju Penajam Paser Utara dan sebaliknya ini bertujuan untuk memberikan pembinaan serta menampung aspirasi dari pemilik speedboat yang ada di dermaga Semayang.

Dalam kegiatan tersebut Bramantyo menyampaikan pentingnya berkeselamatan dalam bertransportasi serta tugas dan peran Jasa Raharja sesuai UU Nomor 33 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dalam memberikan jaminan perlindungan kepada penumpang pengguna sarana transportasi speedboat.

“Setiap penumpang yang membeli tiket angkutan itu sekaligus membayarkan premi Iuran Wajib (IW) ke Jasa Raharja, oleh karena itu pemilik speedboat wajib menyetorkan IW tersebut kepada Jasa Raharja agar setiap orang yang menggunakan angkutan speedboat dapat terjamin oleh Jasa Raharja jika mengalami kecelakaan”, jelas Bramantyo.

Dapat diketahui bahwa pembayaran premi dalam program asuransi kecelakaan pada PT Jasa Raharja ada 2 (dua) bentuk yaitu Iuran Wajib (IW) dan Sumbangan Wajib (SW). IW dikutip kepada penumpang alat transportasi umum sesuai dengan UU No 33 Tahun 1964, sementara SW kepada pemilik kendaran bermotor sesuai UU No 34 Tahun 1964.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pemilik speedboat terhadap manfaat pembayaran Iuran Wajib dan selalu mengutamakan keselamatan serta melaksanakan kewajibannya dalam membayarkan IW setiap periodenya untuk memberikan perlindungan bagi seluruh penumpang.[]