Tekan Angka Kecelakaan, Jasa Raharja Babel Melakukan Rapat Koordinasi Bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Angkutan Jalan di Bangka Tengah

jasa raharja bangka belitung

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Pangkalpinang (29/9) – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung melakukan rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Angkutan Jalan Kabupaten Bangka Tengah pada Rabu (29/09/2023) bertempat di Ruang Rapat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan rapat kali ini melibatkan 5 pilar keselamatan lalu lintas antara lain Satlantas Polres Bangka Tengah, Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah, PT Jasa Raharja Cabang Bangka Belitung, Dinas PUPR Kabupaten Bangka Tengah, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Bangka Tengah Fani Hendra Saputra, Kabid Darat Dinas Perhubungan Kab. Bangka Tengah Fernando, Kasat Satlantas Polres Bangka Tengah Iptu Kardonetso Siagian, PT Jasa Raharja Kab. Bangka Tengah Rendi Ginanjar serta perwakilan dari instansi dan stakeholder terkait lalu lintas lainnya.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung, Irawati Tenriajeng menyampaikan bahwa “kegiatan ini sangat penting sebagai wadah merumuskan upaya-upaya pencegahan kecelakaan dalam rangka menekan angka kecelakaan. “Kami sangat mendukung kegiatan ini, sehingga diharapkan dapat melahirkan program-program maupun inovasi yang akan berdampak pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas”

Arny menambahkan angka kecelakaan pada tahun 2023 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2022. “Berdasarkan data penyerahan santunan PT Jasa Raharja tahun ini mencapai 8,7 miliar, jumlah ini meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya, dan menjadi tiga teratas pertumbuhan tertinggi secara nasional, ini tentunya harus menjadi perhatian kita bersama, dan menjadi fokus para stakeholder di bidang lalu lintas agar angka kecelakaan dapat ditekan” tambahnya.

Arny menambahkan di Kabupaten Bangka Tengah berkontribusi terhadap 17 % dari total penyerahan santunan di tahun 2023. “Sampai dengan bulan Agustus 2023 penyerahan santunan di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 1,3 M naik 50% dibandingkan tahun 2022” jelasnya

Arny menyampaikan ada beberapa kriteria penyebab terjadinya kecelakaan antara lain faktor kendaraan, faktor jalan, faktor lingkungan dan faktor kelalaian manusia. “Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung faktor kelalaian manusia merupakan faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan, antara lain karena kelelahan, mengantuk, tidak fokus, menggunakan hp, kurangnya pengetahuan berkendara, dan faktor kelalaian manusia lainnya, atas dasar ini lah nantinya Jasa Raharja Bersama para stakeholder akan membuat program-program pencegahan kecelakaan” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga masing-masing instansi menyampaikan program kerja yang menjadi treatment di daerah rawan kecelakaan, “Jasa Raharja sendiri telah melakukan action plan pencegahan kecelakaan sebagai upaya menekan angka kecelakaan yakni dengan melakukan penyerahan sarana prasarana pencegahan kecelakaan kepada Instansi dan stakeholder terkait, selain itu Jasa Raharja Bangka Belitung juga mengedepankan socio engineering dalam rangka edukasi kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan keselamatan berkendara antara lain melalui Program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas (PPKL), melakukan kampanye keselamatan lalu lintas di sosial media, memberikan himbauan melalui SMS blast dan WA Blast, serta secara aktif menyampaikan pesan-pesan keselamatan di social media” tambahnya

“Dengan pelaksanaan Forum ini kami berharap hal-hal yang telah disepakati bersama dapat diwujudkan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini dapat tercapai, yakni menekan angka kecelakaan lalu lintas serta menurunkan fatalitas korban, yang lebih penting dapat terwujudnya lalu lintas yang berkeselamatan di Provinsi Bangka Belitung” pungkasnya.[]