Tol Gratis nih untuk Pemudik di Jalur Tol Trans Sumatera!

Tol Gratis

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Tol gratis akan tersedia bagi para pemudik yang akan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera.

Pembukaan dua ruas tol gratis atau fungsional ini dilakukan oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Adapun dua ruas tol gratis di Jalan Tol Sumatera ini berada di Provinsi Riau dan Bengkulu.

Rinciannya yaitu Ruas Tol Pekanbaru – Pangkalan seksi Pekanbaru menuju Bangkinang (31 Km) dan Ruas Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu seksi Bengkulu hingga Taba Penanjung (17,6 Km).

Dengan pembukaan ruas tol gratis ini, diharapkan dapat memperlancar arus mudik Lebaran sekaligus mengurangi biaya tol yang harus dikeluarkan warga.

Hal ini juga dilakukan sebagai pelayanan yang maksimal bagi para pemudik di tahun ini, setelah 2 tahun lamanya warga tidak mudik akibat pandemi.

Namun aturan mudik dengan tol gratis di JTTS ini hanya berlaku untuk kendaraan kecil atau golongan I saja.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyampaikan, hal ini sesuai arahan Kementerian PUPR untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2022 di wilayah Sumatera.

“Sebelum membuka tol secara fungsional, kami sudah melakukan uji kelayakan di tol Bengkulu – Taba Penanjung, kemudian peninjauan langsung oleh Konsultan di ruas Tol Pekanbaru – Bangkinang,” ujar Koentjoro pada keterangan tertulisnya, Senin (25/4/2022).

Dari hasil uji kelayakan tersebut, PT HK memastikan ruas tol ini sudah bisa dilalui kendaraan selama arus mudik dan balik 2022.

“Dengan dibukanya kedua ruas tol secara fungsional kita berharap bisa memberikan dampak signifikan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, terutama yang di daerah sekitar Bengkulu dan Riau,” lanjutnya.

JAGA KONDISI PRIMA

Adapun pembukaan tol gratis ini akan dimulai pada mudik H-7 Lebaran atau 26 April hingga arus balik H+7 atau 9 Mei.

Sementara jam operasionalnya untuk Ruas Tol Pekanbaru – Bangkinang dari pukul 08 WIB hingga 16 WIB, dan ruas Tol Bengkulu – Taba Penanjung dari pukul 09 WIB hingga 17 WIB.

“Untuk lajur yang dibuka secara fungsional yakni hanya satu arah. Meski belum dikenakan tarif untuk fungsional, tapi para pengguna tol tetap harus melakukan taking pakai kartu elektronik agar bisa melintas,” jelasnya.

Untuk kelancaran arus mudik, BUMN Hutama Karya juga mengimbau seluruh pengguna jalan tol berkendara di batas kecepatan maksimum dan minimum.

Sebelum berangkat, juga harus dilakukan pengecekan kondisi kendaraan di semua aspek sehingga meminimalisir terjadinya lakalantas di jalan.

“Yang tak kalah penting, pengemudinya juga harus sehat dan kondisi tubuh prima. Jangan mengemudi kalau lagi mengantuk karena berbahaya, dan harus diingat keselamatan adalah yang paling utama,” tutupnya. []