Tol Jasa Marga Punya CCTV Realtime Bisa diakses Masyarakat

Tol Jasa Marga

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Tol Jasa Marga menjadi salah satu rute yang banyak dilintasi kendaraan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Guna meningkatkan keamanan di tol Jasa Marga, pihak perusahaan melengkapi ribuan kamera pengawas atau CCTV di semua ruas tol.

Totalnya ada sebanyak 1.913 unit kamera pengawas yang aktif dan bisa dipantau secara real time oleh petugas Jasa Marga maupun pengguna jalan.

Corporate Communication Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya membuka akses bagi seluruh pengguna jalan tol untuk melihat rekaman CCTV.

Hal itu dilakukan dengan cara mengintegrasikan rekaman CCTV melalui aplikasi Travoy yang bisa diunduh melalui smartphone.

“Dengan bisa melihat hasil CCTV, pengguna jalan tol akan dimudahkan untuk mengetahui situasi terkini di tol Jasa Marga. Karena sistemnya sudah diintegrasikan di dalam aplikasi Travoy dan dapat diakses oleh masyarakat,” jelas Heru Alam keterangan resminya, Rabu (27/4/2022).

Langkah ini sebagai upaya dari perusahaan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2022 di semua ruas tol.

Sebelumnya Jasa Marga Tollroad Command Center telah mengembangkan 7 fitur utama aplikasi Travoy sekaligus melakukan pembaruan user interface.

Heru menyebut, setelah melakukan survei kepada para pengguna jalan, ternyata informasi yang paling dibutuhkan adalah kondisi lalu lintas, layanan customer care serta rute alternative.

Maka BUMN berkode JSMR ini menyiapkan Kebutuhan pengguna jalan dengan mengembangkan 7 fitur di aplikasi Travoy versi 4.0 guna melengkapi aplikasi navigasi Google Maps dan Waze.

“Aplikasi ini punya empat fitur baru dan tiga fitur pembaruan, mulai dari cek saldo, struk digital, dan pemantauan CCTV secara real time. Di aplikasi ini juga tersedia info rest area, tarif tol, informasi lalu lintas terbaru dan layanan pelanggan,” ungkapnya.

Dengan pembaruan ini, diharapkan para pemudik bisa melakukan antisipasi sebelum perjalanan di tol tanpa ada hambatan atau terjebak kepadatan.

“Jadi semua kemungkinan terjadinya hambatan sudah diantisipasi, termasuk kalau saldo e-Toll kurang atau kesulitan menemukan titik lokasi rest area,” jelas Heru.

Selain kelengkapan CCTV secara real time, ada dua fitur unggulan yang dibutuhkan pengguna tol, yaitu layanan customer care (chat us) dan fitur informasi lalu lintas terkini.

Di fitur info terknisi, disajikan jadwal rekayasa lalu lintas hingga gangguan lalu lintas yang terjadi di sepanjang jalan tol Jasa Marga. []