Tol Trans Sumatera Tembus Bengkulu Kuartal I/2022

Tol Trans Sumatera

BUMNREVIEW.COM, Jakarta – Tol Trans Sumatera terus dilakukan percepatan pembangunannya, dimana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95,8 km.

Ruas yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) ini terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang (54,5 km), Seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung (23,7 km), dan Seksi 3 Taba Penanjung-Bengkulu (17,6 km).

“Progres konstruksi Seksi 3 ruas Taba Penanjung-Bengkulu telah mencapai 96,51 persen dan ditargetkan dalam waktu dekat di kuartal pertama tahun 2022 akan selesai konstruksinya dan dapat dioperasikan. Seksi 1 dan 2 saat ini masih dalam tahap persiapan,” terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, belum lama ini.

Menteri Basuki berharap pemerintah daerah, para pengusaha, dan masyarakat dapat memanfaatkan secara optimal keberadaan tol yang terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai ini. Untuk mengembangkan ekonomi daerah dan meningkatkan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

“Setelah tol ini beroperasi, nantinya pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu. Kehadiran jalan tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu,” ujarnya. []